Cara Kerja Search Engine Google

Mungkin setiap hari bahkan setiap jam kita membuka internet. Dan bahkan, beribu-ribu bahkan berjuta – juta orang yang telah mengakses Internet dalam tempo wktu yang bersamaan. Ada yang senang download, cuma sekedar membaca berita, main Facebook dan Twitter, Streaming Video di Youtube , dsb.


Dan biasanya ketika berselancar di dunia maya, untuk menemukan sesuatu artikel, baik berita, mp3, film, dsb yang belum kita ketahui URL (alamat situsnya) pasti kita menggunakan yang namanya Search Engine. Nah, salah satu Search Engine (Mesin Pencari) yang paling populer dikalangan orang Indonesia adalah Search Engine Google.

Google sampai saat ini masih dianggap sebagai Search Engine nomer satu, dan juga terfavorit dibanding kebanyakan search engine yang lain. Selain memiliki tampilan situs yang sangat sederhana, Google juga menyediakan hasil pencarian yang akurat. Sistem pengindeksan-nya yang otomatis membuat Google nyaris tanpa kompromi dan adil, artinya tanpa campur tangan manusia, semua situs dan blog entah besar dan kecil, pemain baru atau lama mendapatkan kesempatan yang nyaris sama. Bagaimana cara kerja google? Mungkin pertanyaan itulah yang akan terlintas dipikiran sobat, ketika takjub akan yang dilakukan search engine dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan orang.



Pasti kita semua sangat membuatuhkan Search Engine ini, dan pasti kita takjub sama cara kerja search engine atau mesin pencari ini, mengapa tidak ? karena dengan beberapa detik saja pertanyaan yang kita tanyakan akan langsung dijawab lewat website-website yang disediakan. Dan mungkin juga untuk yang belajar seo blog mungkin wajib juga untuk mempelajari bagaimana sebenarnya cara kerja search engine itu.


Nah, untuk cara kerja seacrh engine google dapat di lihat pada gambar dibawah ini :


Keterangan :

  • Sebuah search engine memiliki komponen yang disebut sebagai spider (laba-laba) atau sering disebut juga dengan crawler. Elemen spider tersebut melakukan kunjungan atau mengakses ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situs tersebut. Biasanya search engine melakukan kunjungan tersebut secara berkala untuk melihat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi.




  • Program yang dikenal sebagai crawler, spider atau robot yang digunakan Google sebagai petugas penjelajah dunia internet tersebut dinamakan Cusco, Scooter dan Deephot. Ketiga program Google tersebut menilai sebuah situs dengan berbagai cara. Pertama-tama mencari info utama dari sebuah tittle-tag, HTML tag, serta meta tag. Selain itu, juga menelusuri teks yang ada pada situs beserta link-nya. Tidak ketinggalan pula untuk memeriksa file robot.txt yang memuat informasi mana saja yang boleh diteruskan dan yang tidak. Dari hal ini maka aka ada direktori tertentu yang diabaikan pendataannya. Terutama pada file-file yang berisi informasi sensitif.



  • Tiap-tiap elemen yang ditemui oleh sang laba-laba (spider) akan direkam (record) dalam sebuah index. Mirip sebuah buku raksasa yang berisikan copy dari situs yang telah ditemukan. Apabila ditemukan perubahan pada situs, secara otomatis pula spider melakukan update.

  • Google melakukan proses pengindeksan tersebut secara otomatis dan teratur. Pada saat itu pula Google mendata halaman baru, membuang link yang mati, dan memperbarui link tersebut.


  • Terkadang diperlukan proses penulisan halaman baru dari yang ditemukan spider. Jadi, akan ada kemungkinan bahwa informasi terbaru dalam situs internet tersebut tidak masuk dalam katalog index.


  • Selanjutnya, aplikasi search engine yang bertugas memilah ribuan data yang terdapat dalam katalog. Serta mencocokkannya sesuai dengan permintaan si pencari. Barulah kemudian menampilkannya berupa daftar sesuai dengan urutan (ranking). aplikasi yang digunakan Google untuk membuat ranking tersebut dikenal dengan sebutan PageRank.


  • Sebelum sebuah search engine menampilkan hasil pencariannya, search engine tersebut haruslah terlebih dahulu menemukan dokumen yang dicari. Andaikata search engine tidak memberikan informasi yang kita cari, itu bukan berarti informasi tersebut tidak tersedia di internet. Bisa jadi informasi yang kita cari tersebut belum ditemukan oleh search engine.


  • Sewaktu mencari informasi menggunakan Google, Google akan mengabaikan beberapa kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, be, by, from, how, i, in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, dan with.



Dan mungkin ini cara kerja Search Engine Google secara garis besar. Dan mungkin akan lebih rumit lagi jika kita mempelajari bagaimana kerja search engine secara detail.

Silakan kunjungi juga blog lama ane gan disini




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s