Mempassword Flashdisk Menggunakan Program USB Flash Security

Selain mengamankan flasdisk dari serangan virus, bagi Anda yang mempunyai flasdisk juga disarankan untuk mengamankan flasdisk dari pencurian data. Siapapun yang menggunakan flasdisk anda pasti dapat dengan mudah menyalin seluruh isinya ke media lain. Hal ini sangat mungkin terjadi bila flasdisk Anda dipinjam, lupa, tertinggal di kantor/dirumah teman, hilang dan ditemukan oleh orang lain, dan sebagainya. Anda dapat mengamankan data di flasdisk dengan cara menguncinya dan memberikan password pada flasdisk tersebut.

Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan program bantu, misalnya disini kita akan menggunakan program USB Flash Security.

USB Flash Security adalah program gratis yang berfungsi untuk mengunci flasdisk menggunakan password. Program ini sangat berguna bagi kita yang mempunyai data penting dan rahasia di flasdik kita.

Untuk mencobanya silakan ikuti langkah yang dijelaskan oleh Mr. Benchmark dibawah ini :

1. Silakan download dulu programnya USB Flash Security

2. Tancapkan dulu USB Flasdisk anda

3. Setelah itu silakan install software nya.

4. Silakan langsung buka program USB Flash Security anda. Pertama kali program dibuka akan muncul informasi program dan silakan klik saja OK

klik untuk melihat detail gambar
5. Selanjutnya, pada menu utama program, silakan pilih drive flasdisk yg akan diberi password. Lalu klik Install

klik untuk melihat detail gambar

klik untuk melihat detail gambar

6. Selanjutnya muncul konfirmasi bahwa seluruh data dalam flasdisk akan dihapus saat installasi berlangsung. Pastikan semua data di flasdisk sudah Anda backup. Lalu klik OK untuk melanjutkan.

klik untuk melihat detail gambar

7. Pada menu berikutnya silakan masukkan password anda, dan ketik ulang lagi password tersebut pada kolom Confirm. Ketik juga pesan pada kolom Hint, lalu klik OK.

klik untuk melihat detail gambar

8. Berikutnya akan muncul konfirmasi bahwa seluruh data dalam flasdisk akan dihapus, klik OK untuk melanjutkan.

klik untuk melihat detail gambar

9. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lalu klik OK. Beberapa antivirus, seperti smadav akan mendeteksi adanya virus di flasdisk anda. Jika ini terjadi, anda dapat mengabaikannya.

klik untuk melihat detail gambar

klik untuk melihat detail gambar

10. Kemudian, keluar dari program dengan mengkilk Exit, dan silakan uji coba USB flasdisk anda. Jika flasdisk di buka pada Windows Explorer maka akan terlihat 2 buah file, yaitu autorun inf (bersifat hidden) dan usbEnter.exe

klik untuk melihat detail gambar

11. Untuk menguji nya silakan eject flasdisk dan tancapkan kembali flasdisknya. Dan coba langsung copy salah satu data anda, maka akan muncul keterangan keterangan bahwa file tidak bisa dicopy, karena posisi flasdisk pada saat itu adalah 0,0.

klik untuk melihat detail gambar

12. Dan untuk dapat mengopy file anda, silakan buka dulu file UsbEnter yang terdapat dalam flasdisk. kemudian masukkan password anda yang telah dibuat tadi, lalu klik OK. Tunggu proses beberapa detik.

klik untuk melihat detail gambar

klik untuk melihat detail gambar

klik untuk melihat detail gambar

13. Berikutnya, coba copy kembali file anda dari hardisk komputer, jika berhasil berarti proteksi flasdisk berhasil dibuka.

14. Untuk mengunci kembali flasdisk Anda, Nonaktifkan flasdisk dari komputer dengan cara klik kanan pada drive flasdisk di Windows Explorer dan pilih eject. Atau bisa juga melakukan eject usb flasdisk melalui taksbar disebelah kanan bawah dekstop Anda.

15. Terimakasih. semoga berhasil. by Mr. Benchmark

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s