Pertolongan Pertama Pada Ponsel Yang Terendam Air

Pernahkah anda mengalaminya. Ketika anda sedang bersantai, sedang ngobrol dan tanpa disengaja ponsel yang berada di tangan anda terjatuh, dan parahnya lagi terjatuhnya di dalam air dan bahakan terendam dalam beberapa detik.

Nah, bagi anda yang mengalaminya, jangan panik dulu karena ada beberapa cara atau pertolongan pertama yang perlu kita lakukan.

Sehingga kerusakan pada ponsel dapat di minimalisir. Insiden ponsel terendam air merupakan kejadian cukup sering terjadi di kalangan para pengguna ponsel. Tapi apakah Anda pernah mencoba memperbaikinya sendiri?

Untuk melakukan hal ini, anda tidak perlu kursus perbaikan ponsel dan berbagai kursus private. Cukup dengan melakukan tips seperti yang saya jabarkan dibawah ini :

Apabila ponsel Anda masih dalam masa garansi, sebaiknya memang segera bawa ke service center terdekat. Namun apabila masa garansinya sudah habis, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips pertolongan pertama apabila ponsel Anda tak sengaja tercebur dan terendam air.
a>> Jangan menghidupkan ponsel Anda di saat masih dalam keadaan basah, karena akan mengakibatkan terjadinya korsleting pada sirkuit dalam ponsel.

b>> Segera lepas baterai, SIM card dan kartu memori dari ponsel. Karena selain bisa mencegah terjadinya hubungan pendek kelistrikan (konsleting), ini sekaligus mencegah hilangnya data yang tersimpan di SIM card maupun di kartu memori.

c>> Pastikan ponsel Anda tidak terkontaminasi oleh air laut. Sebab kandungan garam dalam air laut sangat berbahaya bagi perangkat elektronik.

Namun jika memang ponsel Anda ikut terendam ketika Anda sedang berlibur ke pantai, maka basuhlah ponsel Anda dengan dengan air tawar terlebih dahulu dengan hati-hati, setelah itu baru lepas baterai dan juga SIM card-nya.

d>> Segera keringkan ponsel dengan menggunakan handuk atau kain yang kering. Usahakan tidak menggoyang-goyangkannya terlalu keras, karena kandungan air di dalam ponsel bisa jadi malah menyebar ke komponen lain.

e>> Cobalah mengeringkannya dengan menggunakan hairdyer atau vacuum cleaner kecil selama beberapa menit. Ini dimaksudkan untuk menyedot kandingan air di dalam ponsel. Kewmudian letakkan ponsel Anda di tempat dengan sirkulasi udara yang hangat selama beberapa jam.

f>> Masukkan ponsel Anda yang sudah terpisah dengan baterai ke dalam wadah berisi beras selama 24 jam. Beras mempunyai fungsi seperti gel silika,yang dapat menyedot dan menyerap lembab.

Pastikan ponsel Anda sudah dalam kondisi kering ketika menyematkan kembali, baterai, SIM card dan kartu memori ke dalamnya. Kemudian periksalah apakah baterai tersebut normal. Anda dapat mencoba menggunakan baterai cadangan yang sesuai untuk memastikanya.

Jika ponsel menunjukan respon saat kembali dihudupkan, seperti tombol ponsel yang menyala, maka kemungkinan besar ponsel Anda dapat diselamatkan. Kalau layar ponsel masih belum dapat menyala, lakukan pengeringan kembali pada layar ponsel.

Apabila ponsel tetap masih belum dapat menyala, sebaiknya Anda segera membawa ke teknisi ponsel terpercaya.

Oke, mudahan langkah di atas dapat berguna bagi anda dan berguna bagi kita semua.
By Mr. Benchmark

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s